BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp1,9 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran 2023

Lokasi kas keliling Batam
Kantor Wilayah Bank Indonesia perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2023. Peluncuran kas keliling berlangsung di Kantor BI Kepri, Batam Center, Senin 27 Maret 2023. Foto: gokepri/Engesti

BATAM (gokepri) – Masyarakat Kepulauan Riau sudah bisa menukarkan uang tunai melalui layanan kas keliling Bank Indonesia yang dimulai sejak 27 Maret 2023.

Kantor Wilayah Bank Indonesia perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) meluncurkan Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2023. Peluncuran kas keliling berlangsung di Kantor BI Kepri, Batam Center, Senin 27 Maret 2023. Program tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar selama Ramadan dan Idul Fitri 2023.

Kepala BI Perwakilan Kepri, Suryono, menjelaskan BI Kepri telah menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang tunai senilai Rp1,9 triliun. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp1,7 triliun. Hal ini sejalan dengan kebutuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat selama perayaan Ramadan dan Idul Fitri.

“Karena ada beberapa pertimbangan yang sangat penting. Kalau tahun lalu ada COVID-19 sekarang pertumbuhan sudah mulai pulih. Sehingga harus didukung kegiatan peredaran uang rupiah yang cukup,” ujar Suryono pada Senin 27 Maret 2023.

Masyarakat bisa melakukan penukaran uang mulai 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023. Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang, BI Kepri menyediakan 155 titik penukaran yang tersebar di wilayah Kepulauan Riau dan juga layanan kas keliling di tempat strategis seperti pusat keramaian, pasar tradisional, dan instansi pemerintah. Masyarakat juga dapat menukarkan uang di bank terdekat.

Namun, sebelum melakukan penukaran uang, masyarakat wajib mengisi formulir di https://pintar.bi.go.id untuk memastikan ketersediaan uang di layanan kas keliling. Setiap orang dibatasi untuk menukarkan uang hingga Rp3,8 juta dengan nominal pecahan yang berbeda.

Selain itu, BI Kepri juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memahami rupiah dengan baik, termasuk tentang keaslian rupiah. “Kami ingin meningkatkan kepedulian untuk bangga menggunakan rupiah. Karena rupiah adalah simbol kedaulatan negara,” kata Suryono.

Diharapkan dengan adanya Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2023, masyarakat dapat memanfaatkan program BI tersebut dan menjaga ketersediaan uang rupiah selama perayaan Ramadan dan Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: Penukaran Uang Baru 2022 Bisa Dipesan di Situs Pintar BI, Ini Caranya

Editor: Candra Gunawan