Arus Mudik di Hang Nadim Melonjak, Maskapai Tambah 37 Penerbangan

arus mudik di hang nadim
Suasana Bandara Hang Nadim Batam saat momen mudik Lebaran, Rabu 3 April 2024. foto: gokepri/Engesti Fedro

Batam (gokepri) – Arus pemudik dengan pesawat udara di Bandara Hang Nadim Batam diperkirakan meningkat mulai 6 April 2024. Maskapai pun mengajukan sampai 37 tambahan penerbangan atau ekstra flight.

Strategi ekstra flight ini diambil untuk menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran 2024. Lion Air menambah penerbangannya menjadi 10 menuju Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Padang, dan Medan.

Sedang Super Air Jet tambah delapan dengan tujuan Pekanbaru, Padang, Semarang, Yogyakarta. Kemudian Citilink menambah 10 penerbangan mulai 1 April 2024 hingga 30 April 2024, dengan tujuan Pekanbaru, Palembang, Medan dan Jakarta.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 6 April 2024 dengan 17.000 penumpang per hari. Arus balik diprediksi pada 16 April dengan 16.000 penumpang per hari.

“Jumlah ini naik 10 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Nugroho, Rabu (3/4). Adapun 37 tambahan penerbangan itu didominasi dengan tujuan Batam-Jakarta, Batam-Medan, Batam-Pekanbaru, dan sebaliknya. “Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet dan Lion Air,” ujar dia.

Baca Juga:

arus mudik di hang nadim
Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati. Foto: gokeprii/Engesti Fedro

Nugroho mengatakan, Bandara Hang Nadim Batam siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani jika ada pendaratan darurat, baik penerbangan domestik dan internasional.

“Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Tapi kalau untuk kondisi darurat kita standby 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah bersiap untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan,untuk menghadapi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2024 di Bandara Hang Nadim.

“Kami siagakan posko terpadu untuk mudik lebaran tahun ini, dengan melibatkan 400 personel internal dari berbagai intansi terkait, seperti KKP, BMKG, PLN, aparat keamanan, hingga Basarnas,” kata Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

 

BAGIKAN