Amsakar Pastikan Penyaluran BLT Sesuai Data dan Tepat Sasaran

BLT BBM mulai disalurkan
Walikota Batam Muhammad Rudi menyerahkan simbolis bantuan langsung tunai (BLT) BBM kepada warga di Kantor Pos Indonesia, Batam Center, Kamis 8 September 2022. Foto: Antara/Jessica

Batam (gokepri.com) – Pemerintah Kota Batam memastikan tak ada pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan disalurkan ke masyarakat.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad mengatakan akan melakukan monitoring data dan validasi peneriman Bantuan Langsung Tunai (BLT) mulai dari tingkat kelurahan. “Kami akan monitoring terus jadi tidak mungkin ada kasus pemotongan BLT,” kata dia saat ditemui di Kantor DPRD Kota Batam, Rabu 21 September 2022.

Sampai sekarang, monitoring dan validasi data itu masih berlangsung. Data penerima bantuan itu sudah mencapai 150 ribu jiwa. “Kami akan pantau melalui Dinsos,” katanya.

Sementara itu, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) menyurati kecamatan hingga kelurahan terkait verifikasi data penerima bantuan langsung tunai (BLT). Batam mendapatkan kuota 54.624 penerima dari Provinsi Kepri untuk penyaluran Oktober mendatang.

Sekretaris Dinsos-PM Batam, Leo Putra mengatakan proses verifikasi melibatkan pihak kecamatan hingga kelurahan. Data yang diperoleh diserahkan ke 64 kelurahan untuk diverifikasi berdasarkan nama, alamat, dan rekening.

“Masih berlangsung. Petugas tengah memastikan ada, atau tidaknya calon penerima ini. Tidak saja itu, petugas juga memastikan kelayakan calon penerima bantuan,” sebutnya.

Berdasarkan surat dari Sekda yang diterima, kesiapan verifikasi ini diharapkan bisa selesai paling lambat 23 September nanti. Untuk itu, pihaknya melakukan monitoring ke kelurahan sebelum penetapan calon penerima.

“Mekanismenya diverifikasi dulu. Kalau sudah final, harus ditetapkan di tingkat kelurahan, kecamatan, setelah itu baru pada kami (tingkat kota). Usai selesai semua proses penetapan baru dilanjutkan dengan proses penyaluran” jelasnya.

Leo mengakui proses verifikasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Petugas harus mematikan pendataan ini berjalan sesuai dengan ketentuan. Dalam proses penyaluran nanti, pihaknya juga akan meminta pendampingan, agar penyaluran bansos berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan.

Penulis: Engesti

BAGIKAN