Ada 40 TKA Asal Cina di PT Karimun Granite Bekerja Sebagai Buruh Kasar

Lokasi tambang PT Karimun Granite di Pasirpanjang. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – PT Karimun Granite (KG), perusahaan tambang batu granit yang melakukan eksploitasi tambang di Pasirpanjang, Kecamatan Meral Barat mempekerjakan 40 tenaga kerja asing (TKA) asal Cina.

Tenaga kerja asing asal Cina bukan ditempatkan sebagai tenaga ahli melainkan buruh kasar seperti sopir truk, operator alat berat ataupun petugas yang melakukan pengeboran di lokasi tambang.

Tokoh masyarakat Pasirpanjang, Parulian Turnip yang memahami seluk beluk PT KG mengatakan, saat ini PT KG melakukan konsorsium dengan PT Hong Yi Indonesia.

“Izin dan lokasi merupakan kewenangan PT KG, sementara produksi berada di pihak PT Hong Yi (Indonesia),” ujar Parulian Turnip, Rabu, 3 Januari 2024.

Kata Turnip, awalnya dia menduga keberadaan TKA asal Cina di PT KG hanyalah 22 orang. Namun, belakangan diperoleh informasi kalau jumlah mereka sekitar 40 orang.

“Sulit juga memprediksi jumlah TKA asal Cina itu, awalnya 22 orang eh tahunya malah jadi 40 orang,” sebutnya.

Turnip bisa memastikan kalau TKA asal Cina tersebut bukanlah tenaga ahli melainkan hanya buru kasar saja.

“Mereka itu hanya sopir lori (truk), operator alat berat dan juga tukang bor,” ungkapnya lagi.

Dia menjelaskan kenapa TKA asal Cina itu hanya sebagai buruh kasar. Sebab, hingga saat ini belum satupun berkas dari masyarakat pribumi yang diterima sebagai sopir, operator maupun pengebor di perusahaan itu.

Sementara, saat ini perusahaan yang pernah menjalin kerjasama pemerintah melalui kontrak karya itu sudah mulai beroperasi.

“Setahu saya, yang asli orang kita itu hanyalah Satpam,” pungkasnya.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN