900.000 Lembar Uang Pecahan Baru Disalurkan di Kepri

Uang pecahan baru
Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri, M Arif Kurniawan, Humas BI Kepri Berlianti dan Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Kepri, Indra Gunawan usai konferensi pers virtual di Batam, Kepulauan Riau, Selasa, (18/8/2020). (Foto: BI Kepri)

Batam (gokepri.com) – Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menyalurkan 900.000 lembar uang rupiah edisi khusus Hari Kemerdekaan ke-75 RI pecahan Rp75.000 kepada masyarakat.

“Kepri mendapatkan 900.000 bilyet UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan) dan siap didistribusikan mulai hari ini, 18 Agustus 2020,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri, M Arif Kurniawan di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (18/8/2020).

Uang rupiah baru itu diluncurkan secara nasional pada Senin (17/8). BI menyiapkan 75 juta lembar untuk seluruh Indonesia.

Warga Kepri dapat menukarkan rupiah pecahan Rp75.000 itu dengan mendaftar di website pintar.bi.go.id.

Lihat Juga: Uang Edisi Khusus Kemerdekaan Alat Pembayaran Sah, Bisa Dipesan di pintar.bi.go.id

Setiap pemegang KTP hanya berhak mendapatkan satu lembar uang rupiah khusus itu.

“Pilih aplikasi tanggal dan waktu penukaran. Bukti pemesanan disimpan dalam bentuk cetak atau digital. Kemudian masyarakat datang pada waktu pemesanan, pastikan membawa KTP asli dan uang tunai Rp75.000,” kata dia menjelaskan.

BI membatasi penukaran uang hanya untuk 150 warga setiap hari kerja di setiap kantor perwakilan Kepri pukul 8.00 hingga 11.00 WIB dan akan terus dilakukan hingga uang kertas bergambar Soekarno dan Mohammad Hatta itu habis.

Lihat Juga: BI Luncurkan Uang Pecahan Khusus Rp75.000, Ini 5 Bank Penukaran Uang

Apabila masyarakat tidak dapat datang langsung ke kantor BI, maka bisa titip pengambilan menggunakan surat kuasa dan KTP asli.

Ia menegaskan penukaran uang baru di Kantor BI tetap menerapkan protokol COVID-19. Masyarakat yang datang harus melalui pemindaian suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Penukaran hanya bisa dilakukan di kantor perwakilan, termasuk di Kota Batam, hingga akhir September 2020.

Setelah itu penukaran bisa juga dilakukan di lima bank yang ditunjuk BI yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dan BCA. (Cg)

Editor: Candra