3 Bacaleg Batam Dilaporkan Pernah Dipidana, KPU Tindaklanjuti

Caleg dprd batam
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam. Foto: Gokepri.com/Engesti

Batam (gokepri.com) – Tiga bakal calon legislatif (Bacaleg) Batam dilaporkan pernah dipidana ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam.

Laporan atau pengaduan itu kini ditindaklanjuti oleh KPU Batam. Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Batam Mawardi, Selasa 29 Agustus 2023.

“Temuan dilaporkan Bawaslu Batam ke KPU,” kata dia.

Baca Juga: Nama-Nama Bekas Napi Korupsi Jadi Bacaleg DPR-DPD

Mawardi mengatakan tiga bacaleg tersebut berasal dari partai politik yang berbeda-beda. Saat ini KPU Batam masih menelusuri  dan mendiksusikan terlebih dahulu langkah yang akan diambil jika temuan tersebut benar.

Temuan yang dilaporkan Bawaslu Batam ke KPU Ini merupakan proses dari tahapan meminta tanggapan dari masyarakat setelah penetapan daftar calon sementara (DCS) DPRD Batam pada pemilu tahun 2024 yang dibuka sejak tanggal 19 – 28 Agustus 2023.

Diakuinya, dari masyarakat sendiri KPU Batam belum menerima satupun masukan dan tanggapan.

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan rapat pleno terhadap bakal caleg yang sudah masuk DCS, sebelum nantinya ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) DPRD Batam.

Ketua Bawaslu Batam Antonius L. Gaho membenarkan pihaknya menyurati KPU Batam terkait bakal caleg yang terindikasi pernah terpidana.

Komunikasi persuasif juga terus dilakukan, sehingga ketika ada yang terindikasi terpidana itu bisa bersama-sama ditelusuri.

“Mana tahu ada terindikasi, makanya kami surati KPU Batam, agar dilakukan pengecekan bersama-sama,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN