24 UMKM Karimun Terima Sertifikat Halal

Penyerahan sertifikat halal kepada 24 UMKM di Karimun.
Penyerahan sertifikat halal kepada 24 UMKM di Karimun.

Karimun (gokepri.com) – Sebanyak 24 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Karimun menerima sertifikat produk halal. Penyerahan sertifikat halal itu dilakukan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Mahbub Daryanto, Jumat (18/6/2021).

Mahbub dalam sambutannya mengatakan pengelolaan sertifikat halal yang dulu dikelola oleh LPPOM Majelis Ulama Indonesia sekarang dikelola oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) Kementerian Agama RI.

“Tahun lalu melalui anggaran Kementerian Agama sebanyak 200 UMKM telah difasilitasi proses sertifikatnya, dari 200 tersebut sudah keluar 197 sertifikatnya. InsyaAllah tahun 2021 kalau tidak ada perubahan anggaran dari pusat kita akan bantu 500 UMKM se Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Kakanwil berharap fasilitasi sertifikat halal ini bisa terus ditingkatkan jumlahnya setiap tahun. Ia mendorong pemerintah daerah Karimun ikut membantu memfasilitasi sertifikat halal, karena keterbatasan anggaran pemerintah pusat.

Kabupaten Karimun sendiri terdata ada 14.000 UMKM. Kakanwil bertekad akan berupaya menyadarkan masyarakat tentang pentingnya sertifikat halal, selain memberikan kenyamanan bagi konsumen, wisata halal juga menjadi daya tarik bagi turis mancanegara terutama Negara tetangga Malaysia dan Singapura.

“Kita harus mempersiapkan diri agar produk kita dapat bersaing dengan produk dari luar negeri,” ujar Kakanwil

Untuk itu Kakanwil menekankan dalam waktu dekat ini akan membuat Expo Halal tingkat Provinsi dan akan menyampaikan program tersebut kepada Gubernur.

“Kita akan sosialisasikan semua UMKM yang sudah bersertifikat ini dengan mekanisme pengurusan skemanya melalui satgas halal yang ada di Provinsi Kepulauan Riau,” tutup Kakanwil. (wan)

BAGIKAN