11 Negara Asia Berebut Tiket Sisa Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Putaran Ketiga Piala Dunia 2026
Ragnar Oratmangoen saat timnas Indonesia menghadapi Irak. Foto: VOI.ID

BATAM (gokepri) – Sebelas negara akan bertarung memperebutkan lima tiket tersisa ke fase berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 11 Juni. Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam masih belum memastikan nasib mereka.

Tim-tim langganan Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, dan Iran sudah memastikan lolos. Mereka akan bergabung dengan 13 negara lain untuk memperebutkan delapan tiket otomatis ke putaran final yang akan digelar dua tahun lagi di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Baca:

Juara Piala Asia Qatar serta runner-up Yordania juga telah melaju ke babak ketiga yang nantinya akan menentukan enam dari total 48 slot yang tersedia di turnamen tersebut.

China, yang mengincar kelolosan perdana ke Piala Dunia sejak debut mereka pada 2002, masih berada di posisi yang bagus untuk lolos setelah gol penyama kedudukan Zhang Yuning ke gawang Thailand pada 6 Juni lalu.

“Bagi kami, turnamen kualifikasi belum usai,” ujar pelatih Branko Ivankovic usai laga imbang 1-1 di Shenyang. “Kami akan habis-habisan pada pertandingan berikutnya dan berusaha untuk lolos ke babak selanjutnya.”

China akan menghadapi Korea Selatan, di mana hasil imbang sudah cukup untuk menggagalkan Thailand. Thailand sendiri wajib menang melawan Singapura dan berharap bisa memperbaiki selisih gol mereka dengan China untuk merebut posisi kedua di Grup C.

Bangkok Post mengutip pernyataan pelatih Masatada Ishii yang berpotensi tidak menurunkan striker veteran Teerasil Dangda, pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Thailand, dan playmaker bintang Chanathip Songkrasin.

“Kami harus belajar dari kesalahan yang kami buat saat melawan China… Saya perlu waktu tambahan untuk memutuskan apakah menurunkan Mui (Teerasil) dan Jay (Chanathip) di pertandingan hari Selasa nanti,” ungkapnya.

“Saya pikir tim akan lebih baik jika menurunkan pemain yang lebih bugar dan memiliki stamina yang lebih baik. Mari kita lihat bagaimana jalannya latihan.”

India berada dalam situasi yang lebih sulit menjelang pertemuan mereka dengan Qatar di Grup A. Pasukan yang kini ditangani Igor Stimac wajib meraih kemenangan di pertandingan pertamanya sejak pensiunnya sang kapten, Sunil Chhetri.

Afghanistan yang menempati peringkat ketiga dengan koleksi lima poin seperti India, akan bertandang ke markas Kuwait. Kedua tim sama-sama berambisi untuk lolos ke babak berikutnya.

Indonesia akan menjamu Filipina dengan harapan meraih kemenangan untuk mengamankan posisi kedua di Grup F di bawah Irak yang sudah lolos. Sementara itu, Suriah akan menjamu Jepang dan berharap meraih hasil positif untuk mempertahankan posisi mereka di Grup B dari ancaman Korea Utara.

“Mengalahkan Vietnam bukan satu-satunya target kami. Kami juga ingin memperbaiki peringkat FIFA kami,” ujar penyerang Irak, Aymen Hussein.

Sementara itu, Kirgizstan akan memastikan lolos ke babak ketiga jika mereka tidak mengalami kekalahan telak dari Oman, pemimpin Grup D di Muscat.

Pengundian untuk babak ketiga akan digelar di Kuala Lumpur pada 27 Juni. Enam belas tim yang lolos akan dibagi ke dalam tiga grup.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos langsung ke putaran final. Peringkat ketiga dan keempat akan menjalani playoff di babak keempat untuk memperebutkan dua tiket tersisa.

Selain itu, playoff antar-konfederasi yang melibatkan tim dari Afrika, Amerika Selatan, dan Oseania berpeluang meloloskan satu tim tambahan dari federasi Asia ke Piala Dunia 2026. REUTERS

Cek Berita dan Artikel yang lain diĀ Google News